Berita

Berita Thumbnail
Senin, 21 Desember 2020
Oleh: Admin

Universitas Trisakti Sukses Gelar Jazz Song of Earth Festival

Universitas Trisakti Jakarta sukses menyelenggarakan event Lomba Cipta Lagu Bumi dan Lingkungan yang bertajuk Jazz Song of Earth Festival.

Final Jazz Song of Earth Song Festival ini telah dilangsungkan di Auditorium Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) Universitas Trisakti, Jakarta, pada Sabtu (22/2/2020) petang.

Selain didukung Lembaga Budaya Universitas Trisakti, Ikatan Alumni Geologi Trisakti, Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi FTKE-Usakti, dan Badan Ekonomi Kraetif Indonesia, acara ini didukung penuh oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dalam sambutan tertulis, Dirjen PPKL-KLHK, RM Karliansyah mengatakan, pihaknya sangat mendukung Trisakti untuk menggali kreativitas peningkatan kesadaran lingkungan ini dengan lomba lagu-lagu lingkungan.

Momen ini sangat tepat karena baru saja kita memperingati musibah bencana longsoran TPA sampah Leuwigajah 21 Februari 2005. “Semoga lagu-lagu dan kreativitas kaum milenial yang lain ini dapat membuat lingkungan menjadi lebih baik,” ujar Karliansyah.

Sebelumnya, bertempat di Coffee Club Plaza Senayan telah dilakukan pengumuman finalis Jazz Song of Earth Jazz Festival – Lomba Cipta Lagu bergenre jazz bertemakan lingkungan hidup yang dilakukan oleh Andre Hehanussa melalui live streaming channel Youtube GM_Channel, setelah proses penjurian yang dilakukan oleh juri Candra Darusman dan Andre Hehanussa  berdasarkan penampilan peserta yang dikirimkan berupa video ke channelYoutube tersebut.

Tim juri menilai berdasarkan kriteria meliputi harmoni, yaitu antara musik pengiring, notasi, dan lirik dengan kemampuan bercerita tentang konten yang dimaksud ke dalam notasi lagu.

Kemudian berdasarkan lirik yakni mengiaskan kekuatan alam Indonesia dan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab selama ini. Lalu berdasarkan notasi yaitu kekuatan melodi lagu untuk memperkuat kedalaman lirik yang tercipta.